Menerima Jasa Pengolahan Data SPSS Skripsi dan Tesis

Rabu, 30 September 2015

Tutorial Olah Data SPSS : Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner

Tutorial Penelitian ~ Uji validitas dan reliabilitas adalah uji statistik untuk mengukur ketepatan (valid) dan kehandalan (reliabel) indikator-indikator alat ukur kuesioner terhadap apa yang seharusnya diukur.

Di bidang ilmu-ilmu sosial umunya variabel-variabel penelitian dirumuskan sebagai konsep latent atau un-observed yaitu variabel yang tidak dapat diukur secara langsung.

Uji validitas dan reliabilitas bertujuan untuk mengetahui sejauhmana ketepatan dan kehandalan indikator-indikator kuesioner atau angket tersebut benar-benar mengukur konstruk yang un-observed tersebut.

Kasus:

  • Variabel Persepsi Harga terdiri dari 3 indikator yang masing-masing diwakili 3 item (butir pernyataan).
  • Skala yang digunakan ordinal yaitu skala Likert.
  • N = 10

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.

Gambar 1 (klik untuk perbesar) adalah penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 3 kolom yaitu Indikator 1, Indikator 2 dan Indikator 3. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Scale - Reliability Analysis...
  2. Pindahkan Indikator 1, Indikator 2 dan Indikator 3 ke Items
  3. Klik Statistics, kemudian pilih Item, Scale dan Scale if item deleted, kemudian klik Continue
  4. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah-langkah ke-2 dan ke-3 yaitu memilih data indikator-indikator variabel yang akan dianalisis.

Pada tahap ini langkah uji validitas dan reliabiltas sudah selesai dan kita sudah memiliki output. Langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan berdasarkan hasil output tersebut.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN VALIDITAS
[Download Output Pdf 32KB] + [Download Tabel r Pdf 94KB]
  • Jika r hitung di bawah r tabel maka Ho diterima
  • Jika r hitung positif di atas r tabel maka Ho ditolak
Klik link pertama di atas untuk download output. Nilai koefisien korelasi atau r hitung masing-masing indikator terlihat di dalam kotak “Item-Total Statistics” pada kolom “Corrected Item-Total Correlation”.

Klik link kedua di atas untuk download tabel r. Nilai Degree of Freedom (df) yang digunakan adalah n-2 dalam hal ini 10-2=8 dengan nilai r tabel dua arah pada sig. 0,05 maka kita mendapat nilai sebesar 0,6139.

Pengambilan keputusan:
  • Nilai r hitung Indikator 1 sebesar 0,787 (di atas 0,6139) maka diputuskan item valid
  • Nilai r hitung Indikator 2 sebesar 0,734 (di atas 0,6139) maka diputuskan item valid
  • Nilai r hitung Indikator 3 sebesar 0,451 (di bawah 0,6139) maka diputuskan item tidak valid

PENGAMBILAN KEPUTUSAN RELIABILITAS

Klik link pertama di atas untuk download output. Nunnally (1967) mengatakan batas minimal reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha adalah 0,6. Sumber lain mengatakan batas tersebut adalah 0,5 dan sumber lainnya adalah 0,4.

Lihat pada kotak “Reliability Statistics” pada kolom “Cronbach’s Alpha” terlihat sebesar 0,797 dengan demikian di atas batas 0,6 (Nunnally, 1967) sehingga diputuskan bahwa variabel Persepsi Harga reliabel.

Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!

Saran Bacaan:

Nunnelly, J. (1967). Psychometric Methods. New York: McGrow-Hill.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar